Senin, 01 April 2013

Negara-negara dalam bahasa Prancis

Negara-negara dalam bahasa Prancis
Di dalam bahasa Prancis, negara-negara digolongkan dalam empat kategori
1. Negara-negara bergenus feminin (Les pays feminins)
2. Negara-negara bergenus maskulin (Les pays masculins)
3. Negara-negara dalam bentuk jamak (Les pays pluriels)
4. Negara-negara tanpa kata sandang (Les pays sans articles)
Negara-negara bergenus feminin umumnya adalah negara-negara yang berakhiran pada huruf –e. Misal:
L’Indonésie – Indonesia
L’Algérie – Aljazair
La France – Prancis
L’Espagne – Spanyol
L’Italie – Italia
La Belgique – Belgia
La Suisse – Swiss
La Russe – Rusia
L’Allemagne – Jerman
Pengecualian:
Negeri-negeri berikut masuk ke dalam genus maskulin:
Le Mexique – Meksiko
Le Cambodge – Kamboja
Le Zaïre – Zaire
Le Mozambique – Mozambik
Sedangkan negara-negara bergenus maskulin umumnya adalah negara-negara yang berakhiran konsonan. Misal:
Le Japon – Jepang
Le Canada – Kanada
Le Sénégal – Senegal
Le Venezuela – Venezuela
Le Tchad – Chad
Le Niger – Niger
Le Liban – Lebanon
Le Maroc - Maroko
Berikut negara-negara dalam bentuk jamak:
Les États-Unis – Amerika Serikat
Les Pays-Bas – Belanda
Les Philippines – Filipina
Les Royaumes-Unis – Kerajaan Britania Raya
Les Comores – Komoro
Selain itu ada pula negara-negara yang tidak memiliki kata sandang, biasanya negara-negara ini adalah negara kecil atau satu pulau saja:
Taïwan – Taiwan
Singapour – Singapura
Madagascar – Madagaskar
Cuba – Kuba
Israël – Israel
Chypre – Siprus
Malte – Malta
Andorre – Andora
Luxemburg – Luksemburg
Untuk menyatakan tinggal di suatu negara:
Apabila negaranya bergenus feminin, maka gunakan EN:
J’habite en Indonésie – Saya tinggal di Indonesia
J’habite en France – Saya tinggal di Prancis
Kalau negaranya bergenus maskulal, maka gunakan AU:
J’habite au Japon – Saya tinggal di Jepang
J’habite au Mexique – Saya tinggal di Meksiko
Kalau negaranya jamak, maka gunakan AUX:
J’habite aux États-Unis – Saya tinggal di Amerika Serikat
J’habite aux Pays-Bas – Saya tinggal di Belanda
Negara-negara tanpa artikel, maka gunakan À:
J’habite à Singapour – Saya tinggal di Singapura
J’habite à Taïwan – Saya tinggal di Taiwan
La Nationalité
Masculin
Feminin
indonésien
indonésienne
orang Indonesia
français
française
orang Prancis
anglais
anglaise
orang Inggris
americain
americaine
orang Amerika
mexicain
mexicaine
orang Meksiko
allemand
allemande
orang Jerman
belge
belge
orang Belgia
chinois
chinoise
orang China
japonais
japonaise
orang Jepang
irlandais
irlandaise
orang Irlandia
coréen
coréene
orang Korea
Contoh:
Quelle est votre nationalité? – Apa kewarganegaraan Anda?
Je suis Indonésien – Saya orang Indonesia (lk)
Je suis Indonésienne – Saya orang Indonesia (pr)
Elle est allemande – Dia orang Jerman (pr)
Je suis français, mais j’habite à Moscou – Saya orang Prancis, tetapi tinggal di Moskow
Kimiko est japonaise et elle j’habite au Japon – Kimiko orang Jepang dan dia tinggal di Jepang

Tidak ada komentar: