Kamis, 20 Juni 2013

Mitos Mitos Tentang Belajar Bahasa Perancis..

Ada dua istilah yang akan saya gunakan dalam posting ini yaitu fonetik dan ortografi. Maaf kali ini saya juga sok tau karena saya kan bukan seorang ahli linguistik.
Definisi singkat dari saya:
fonetik -> membahas mengenai bunyi-bunyi (fonem) yang terdapat dalam suatu bahasa, cara pengucapannya dan sebagainya.
ortografi -> membahas mengenai ejaan, hubungan antara kelompok huruf dan bunyi yang diwakilinya.
Mungkin untuk lebih detail bisa anda baca di wikipedia.

http://en.wikipedia.org/wiki/French_phonology


http://en.wikipedia.org/wiki/French_orthography

Dalam bahasa perancis hal ini menjadi penting karena bahasa perancis merupakan salah satu bahasa yang kaya dalam variasi fonem dan juga memiliki ortografi yang rumit–lebih rumit dari bahasa Inggris.
Untung saja sudah ada orang lain yang menjelaskan hal ini dalam bentuk yang mudah dimengerti.
Saya telah menemukan beberapa sumber yang bagus di Internet:
French Pronunciation: dilengkapi dengan audio file yang bisa didownload.
Will Dudziak: French Verbs List & French IPA Pronunciation Chart.
Dalam dokumen French IPA Pronunciation Chart sebanyak 7 halaman, Will menjelaskan mengenai cara pengucapan dalam Bahasa Perancis.
Downloadlah kedua PDF yang ada dihalaman tersebut!

 MITOS BAHASA PERANCIS..
Ini saya sok tau aja ya. Soalnya saya juga baru 3 bulan ini belajar Bahasa Perancis (ikut kursus dan belajar sendiri). Masih newbie. Tapi saya tetap akan sok tau dan menjelaskan mitos-mitos yang ada dan kenyataan yang saya temui di lapangan.
Bahasa Perancis itu susah.
Benar, susah. Ha3x.. tapi cuma di awalnya saja, begitu anda tau triknya maka semua perlahan akan menjadi lebih mudah.
Bahasa Perancis itu ngucapinnya susah.
Begitu anda menguasai aturan-aturan membaca dan pelafalan (phonetic) Bahasa Perancis, serta dengan banyak latihan, perlahan (atau cepat) anda akan bisa.
Bahasa Perancis itu ‘listening’-nya susah
Tentu saja, sama seperti bahasa arab, bahasa jepang, bahasa china. Musti banyak latihan kalau ini mah.
Bahasa Perancis itu sexy
Mungkin. Pendapat yang subjektif. Kata teman saya waktu saya mengomentari foto facebooknya: Sexy is in your mind.
Ngapain belajar Perancis? Emang bahasa Inggris kamu udah bagus? — Kutipan sebenarnya.
Belajar Perancis (dan bahasa asing lainnya tentu) akan membantu anda dalam memahami grammar Bahasa Inggris! Karena anda akan mendapatkan perspektif baru mengenai grammar dan cara berekspresi dari berbagai bahasa. Terutama karena anda akan menyadari bahwa Bahasa Inggris itu lebih mudah. Hehe3x..
Hmm, mungkin baru itu saja.

 KENAPA BELAJAR BAHASA PERANCIS???
Ada banyak alasan untuk belajar Bahasa Perancis. Bagi anda yang merasa tidak punya alasan kenapa anda mau belajar Bahasa Perancis, mungkin saya bisa memberi anda ide! Mohon maaf kalau banyak alasan yang absurd.
- Bahasa Internasional
Bahasa Perancis adalah bahasa asing terbanyak kedua yang dipelajari didunia setelah Bahasa Inggris, dipelajari di lima benua.
- Romantis
Alasan yang subjektif. Tergantung pandangan masing-masing orang. Menurut saya biasa aja, menurut saya bahasa apapun juga bisa jadi romantis
- Susah
Karena susah, maka anda akan merasa lebih puas ketika anda bisa berbahasa Perancis. Karena terlihat susah, maka orang bisa terkagum ketika anda bisa cas-cis-cus berbahasa Perancis. Tidak seperti Bahasa Inggris yang sudah umum. Everybody speaks English anyway!
- Bahasa asing kedua
Setelah Inggris apa lagi? Bahasa Jerman, Jepang, Mandarin, atau Perancis? Tergantung keperluan anda sebenarnya. Tapi Ingat ada kemudahan yang anda dapat jika anda cukup menguasai Bahasa Inggris karena sebagian ( katanya sih 30% -60 % ) kosakata Bahasa Inggris diambil dari Bahasa Perancis. Walaupun untuk grammarnya Inggris itu lebih mirip ke bahasa Jerman. Jadi anda tidak belajar semuanya dari nol ( Seperti bahasa jepang misalnya, yang anda tau cuma arigato doank ).
- Membuka Jalan untuk belajar Bahasa Roman
Bahasa Perancis, Italia, Spanyol, dan Portugis sesungguhnya masih berada dalam satu kelompok bahasa.Roman Languages atau bahasa-bahasa turunan Bahasa Latin (Bahasa bangsa Romawi). Jika Anda menguasai salah satunya, akan mudah untuk mempelajari yang lain.
- Terpaksa
Punya niat ke Perancis? Dapat beasiswa ke Perancis. Harus bekerja di Perancis. Atau punya pacar Orang Perancis? Tentu saja harus bisa bahasa Perancis alias terpaksa… Karena sudah rahasia umum kalau orang Perancis kurang suka berbahasa selain Perancis. “Anglais? c’est quoi?” / “Bahasa Inggris, apa itu?” — candaan seorang Perancis yang saya temui.
- Iseng
Hanya iseng saja, menambah pengetahuan, menambah teman, mengisi waktu luang. Boleh boleh saja dan tidak dilarang. Pour s’amuser! Untuk bersenang-senang!
Apa lagi ya? Selamat mencari alasan.
Link berguna untuk anda:
French language
French Language Profile

Tidak ada komentar: