Minggu, 02 Juni 2013

Cara Menggunakan Twitter




Twitter tidah jauh berbeda dengan facebook, keduanya sama-sama sebuah situs jejaring sosial. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun kali ini kita tidak membahas tentang hal tersebut. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan twitter untuk pemula yang belum paham betul bagaimana menggunakan twitter.

Penggunaan twitter ini sebenarnya tidak sesulit yang sobat bayangkan. Namun jika tidak mengetahui dasar-dasarnya tentu saja akan jadi sedikit sulit. Kadang kala seseorang mengalami kesulitan untuk menemukan mood yang menyenangkan karena tidak memiliki follower dan tidak tau following seseorang. Akhirnya banyak yang berhenti untuk menggunakan twitter. Padahal banyak isu-isu hangat yang jadi berita besar semua berawal dari Twitter, menjadi trending topik. Pastinya jika seseorang aktif dengan twitter minimal tau info terkini dan yang lagi update. Langsung saja simak cara menggunakan twitter dibawah ini:

Cara Menggunakan Twitter

1. Memiliki Akun Twitter

Jika ingin menggunakan twitter tentu saja kita harus memiliki akun twitter dengan cara mendaftarkan melalui email sobat di http://twitter.com . Jika belum paham silahkan baca dulu disini cara membuat twitter.

2. Atur Profil Twitter

Langkah ini sebenarnya bisa di lewati, namun ada baiknya kita mengisi dulu mulai biodata dan foto profil twitter kita. Hal ini bertujuan agar natinya kita memiliki identitas yang menjadi ciri khas dan orang yang senang dengan kita pun tidak segan utuk mem-Follow atau mengikuti aktifitas kita di twitter.

3. Menulis Tweet

Tweet itu sama halnya dengan status di facebook yang mana apa yang kita tulis akan dibaca juga oleh orang yang mengikuti kita. Batas kata dalam menulis tweet ini sekitar 140 karakter.  Namun sobat tidak harus hanya menulis status kata-kata saja, bisa juga memasukan link artikel menarik yang sekiranya bermanfaat untuk para follower sobat.

4. Berdiskusi Membahas Topik tertentu

 Ketika ingin membahas suau topik yang sedang dibahas juga oleh pengguna lain maka kita bisa memanfaatkan hastag (#) yaitu simbol pagar. Misalnya sobat ingin membahas tentang liga inggris " #HasilLigaInggris MU menang telak cuy.. " Maka tweet yang sobat buat juga akan dilihat pengguna twitter lain yang membahas topik sama dengan hastag #HasilLigaInggris.

Agar lebih paham lagi sebaiknya sobat pahami Istilah-istilah pada Twitter dibawah ini:

Follower: istilah follower dalam bahasa kita disebut pengikut yaitu orang yang mengikuti/follow kita, maka mereka yang menjadi follower kita ini akan menerima update dari tweet yang kita tulis.
Following: istilah following dalam bahasa kita artinya mengikuti yaitu orang yang sedang kita ikuti akun twitternya. Jika kita mengikuti akun twitter seseorang, maka kita pun akan mendapat update dari mereka.
Reply: istilah replay ini dalam bahasa kita artinya balasan. Jika kita ingin merespon atau membalas sebuah tweet orang yang kita ikuti maka cukup klik ‘Reply’.
ReTweet: istilah ReTweet seperti bahasa asalnya yang di awali dengan Re artinya mengulang. Istilah ini bahasa kerenya disingkat RT. RT sendiri dimaksudkan menjadikan tweet  seseorang yang kita follow untuk masuk menjadi Tweet kita. Biasanya orang melakukan RT ini berpendapat bahwa Tweet orang tersebut bermanfaat/ penting/ keren / dan ingin membaginya dengan followernya.
@ : istilah tersebut disebut juga Mention dengan tanda @ ini berfungsi untuk memberikan pesan atau seruan yang ditujukan pada pengguna twitter tertentu yang merupakan follower kita. Contoh @Merahnews diharap datang membawa cemilan di basecamp, yang mana pesan tersebut ditujukan pada pengguna dengan ID Merahnews.
# : istilah Hastag dengan simbol # seperti yang sudah kita bahas di atas, yaitu untuk berdiskusi dan membahas topik yang sama.
Direct Message: stilah ini juga disebut DM, yang berfungsi untuk mengirim pesan secara pribadi pada inbox pengguna twitter lain. DM ini bersifat privasi atau pribadi jadi yang mengetahui hanya pengirim dan yang dikirimi saja.
Trending Topic: istilah ini merupakan istilah pada topik atau isu yang sedang booming ramai dibahas di Twitter, bisa secara global di dunia atau trending di negara sendiri saja tergantung pengaturan kita untuk menampilkan trending topik global atau regional.
Favorites: istilah ini merupakan fitur baru twitter yang bermanfaat untuk menyimpan tweet agar tidak hilang yang dapat kita buka sewaktu-waktu.
Connect : istilah merupakan fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.
Discover : merupakan fitur untuk mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau yang menjadi trending topic, baik bersekala internasional maupun regional semisal di Indonesia saja.
Embed tweet on your websites : Fitur sangat bermanfaat buat sobat yang aktif juga di dunia blogging. Fungsinya untuk memasukan foto dan video yang berasal dari Twitter ke website atau blog kita dengan script dari Twitter, tidak jauh berbeda seperti memasukan video Youtube ke Website/ blog.

Tidak ada komentar: